Hujan Lebat Mengancam Sumbar? Ini Respons BPBD Riau | RADAR RAKYAT

Hujan Lebat Mengancam Sumbar? Ini Respons BPBD Riau





Suararakyat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan akan siap bantu penanganan banjir diperbatasan Riau-Sumatera Barat (Sumbar) akibat hujan lebat.


"Kita sudah koordinasi dengan kawan-kawan BPBD Sumbar, dan kita siap membantu jika mereka butuhkan untuk mengatasi banjir" kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, di Pekanbaru, Sabtu (30/12/2017).


Menurut dia, akses jalan lintas penghubung Sumatera Barat menuju Provinsi Riau pun semakin memburuk. Lokasinya, sekitar Jorong Sopang Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumbar. Banjir dan tanah longsor setiap kali curah hujan sudah menjadi langganan.


Sejak Sabtu pagi hingga kini jalan masih tertutup genangan air dan sulit dilalui oleh kendaraan kecil dan sepeda motor. Ketinggian banjir diperkirakan mencapai satu meter lebih.


Pada Sabtu siang, kemacetan lalu lintas mencapai empat kilometer karena banyaknya kendaraan dari Riau menuju Sumbar terjebak banjir. Adapun jarak dari titik banjir ke perbatasan Riau-Sumbar di Kabupaten Kampar ada sekitar 30 kilometer, yang dalam kondisi normal bisa ditempuh sekitar satu jam.


Sebelumnya, banjir disusul dengan tanah longsor paling parah terjadi diperbatasan Sumbar-Riau pada Maret 2017. Saat itu longsor di daerah Sumtra Barat, memutus akses transportasi karena beberapa ruas jalan amlas dan tertimbun longsor. Selain itu, lima warga juga menjadi korban karena meninggal dunia setelah kendaraan mereka tertimpa tanah longsor.


SUMBER <--------




Subscribe to receive free email updates:

close